Dorayaki: Makanan Khas Musim Gugur Jepang

Siapa yang tak kenal kue khas Jepang dorayaki? Kue ini sejenis pie, serupa kue pukis dan pancong khas Indonesia, yang umumnya diisi dengan selai kacang. Dengan melihat bentuknya kita pasti sudah bisa membayangkan tekstur dan rasanya. Hmmm... Selain itu apa yang unik dari dorayaki?

Saat berkesempatan melihat demo membuat dorayaki di stand pariwisata Jepang di Garuda Travel Fair (27/9/2015), ada Chef Asako yang mencoba menjelaskan bagaimana dorayaki dibuat. Ternyata, dorayaki adalah salah satu makanan khas musim gugur, karena menggunakan bahan yang melimpah banyak pada musim di mana orang-orang banyak makan (baca: musim gugur).


Dorayaki berbentuk satu tangkap pie sama besar yang diisi dengan berbagai isian. Dalam demo tersebut, Chef Asako mencoba membuat dorayaki original. Bahan-bahannya apa saja? Untuk membuat pie dorayaki, bahan-bahannya antara lain tepung terigu, telur, gula,  margarin, dan soda kue. Isiannya ada kuri (chestnut Jepang), mochi (kue kecil dari tepung beras), dan kacang merah tumbuk (yang sebelumnya direbus).


Dorayaki buatan Chef Asako ini unik, selain warnanya cokelat (bukan kuning keemasan) ada campuran perisa matcha atau teh hijau yang membuat rasanya lebih endesss! Belum lagi isiannya yang manis dan lembut saat dikunyah. Oishii!

Comments