Libur Lebaran ke Jogja? Catet Objek Wisata Seru Terbarunya!

Lebaran sebentar lagi... Mudah-mudahan liburan panjang kalian juga sebentar lagi--kalau ada yang beruntung dapet libur panjang dari Idul Fitri nanti. Kalau Jogja jadi destinasi liburan pilihan kali ini, kalian beruntung karena Jogja alias Yogyakarta dan sekitarnya punya banyak destinasi wisata baru yang layak dikunjungi.

Awal Mei 2017 lalu, saya bersama beberapa teman pergi ke Jogja selama tiga hari di akhir pekan untuk dateng ke acara pernikahan teman di daerah Kaliurang. Nggak mau rugi cuma kondangan, kami pun memutuskan untuk menghabiskan tiga hari itu dengan liburan.

Di mulai dari Ibukota Provinsi DIY, kami lalu ke Bantul di hari pertama dan mengakhiri pejalanan di Sleman sebelum ke Kaliurang. Hari kedua kita ke kawasan wisata Merapi yang nggak jauh dengan lokasi kondangan. Malam hari kedua itu juga kami kembali ke kota dan menghabiskan sisa hari ketiga di sana.

Beberapa objek wisata yang kita datangi rata-rata masih seumur jagung, karena kita memang cari tempat liburan yang lagi nge-hits. Jadi, di mana dan seperti apa objek wisata baru yang kita datengin? Yuk, baca dan tonton review perjalanannya:

Tulisan sedikit diadaptasi dari artikel saya terdahulu di Vebma.com

Dlingo, Bantul

Daerah di selatan Yogyakarta, ini memang lagi dijamuri banyak destinasi wisata nge-hits terbaru. Mulai dari hutan pinus untuk berfoto selfie atau bersantai di atas hammock, air terjun dan kolam-kolam cantik untuk tubing dan aktivitas air lainnya di Grojogan Lepo, sampai teras pandang yang menawarkan pemandangan menakjubkan seperti di Bukit Punguk atau Tebing Watumabur. Dari pusat Kota Yogyakata, daerah ini dapat ditempuh dengan mobil atau motor selama 1,5 jam.

1) Bukit Panguk Kediwung

Ini nih, salah satu objek wisata yang paling ngeheitttts. Udah banyak orang datang ke sana, termasuk wartawan (seperti kita :v) juga sejumlah travel blogger kenamaan dan kekinian. Tempat ini juga ramai karena murah, tanpa biaya masuk, terus naik teras pandang cuma Rp3.000 per orang.

Tempat ini sering juga disebut "negeri di atas awan", karena kalau pagi kabut turun dan membentang di antara perbukitan di bawah kaki kita di sana. Sayang, kita waktu itu datang saat matahari udah hampir di atas kepala. Tapi, pemandangannya bagus juga kok tanpa awan!

Kalau kekeuh mau dateng ngejar "negeri di atas awan" silakan antri dari subuh. Kalau santai aja, kayak kita yang sampai sekitar jam 10 siang tetep oke kok. Tempatnya juga asri dan ada beberapa saung untuk istirahat, juga fasilitas warung makan dan mushola.



2) Grojogan Lepo

Di antara sekian banyak tempat wisata baru, kita mampir ke tempat wisata air alami Lepo. Jadi tempat ini menawakan kolam-kolam alami dengan air terjun kecil bertingkat. Kolam airnya pun unik karena warnanya biru kehijauan.

Objek Wisata Lepo ini menyediakan ban tubing, toilet, dan tempat pakir. Biaya masuknya? Waktu kita ke sana seikhlasnya aja tinggalin uang ke kotak yang dijaga masyarakat setempat.




Kraton Ratu Boko, Sleman

Objek wisata Kraton atau Candi Ratu Boko jadi salah satu tempat yang kini nge-hits berkat Film AADC 2. Tempat ini juga sudah lebih bagus dan berkelas internasional--terasa juga dari biaya retribusinya yang Rp25.000 per orang.

Objek wisata sejarah ini bagus karena berada di areal hijau yang luas dan sedikit di atas bukit. Umumnya, wisatawan datang pas sore hari untuk menunggu matahari terbenam aka sunset. Sayangnya waktu itu kita kurang beruntung karena cuaca agak mendung, jadi matahari terbenamnya nggak keliatan.

Tempat ini rame banget, bahkan sama turis asing--layaknya Borobudur. Di dekat pintu masuk ada banyak tempat duduk untuk bersantai, waktu kita datang juga ada hiburan musik tradisional, dan di pintu masuk juga ada restoran dan fasilitas penunjang lainnya.

Kalau datang jangan mepet kayak kami ya, karena jadinya nggak bisa lama-lama menikmati Kraton Ratu Boko. Kalau tiba-tiba gelap kan ngeri juga pulangnya hhe. Setiap sore pun para sekuriti biasanya ngadain ritual dengan bawa sesajen ke dalam komplek reruntuhan. Jadi, kalau udah ada mereka, itu tandanya harus siap-siap pulang.

The Lost World, Kawasan Wisata Merapi, Sleman

Di Kawasan Wisata Merapi, kalian bisa melakukan tur ke banyak tempat wisata dan sejarah menarik. Di antara yang terbaru adalah The Lost World. Di sini kalian bisa pergi ke miniatur Stonehenge yang kalau difoto nyaris seperti aslinya di Inggris atau ke The Lost World Castle yang akan mewujudkan mimpimu ke negeri dongeng.


Meski pembangunannya belum sempurna karena adanya kontroversi, The Lost World Castle yang dibuka awal tahun ini sudah bisa didatangi. Destinasi wisata yang dibangun di atas benteng di kaki Gunung Merapi ini punya banyak spot foto menarik, dari lukisan 3D, sayap raksasa, dan pastinya dengan arsitektur benteng yang persis seperti bangunan benteng bangsa Eropa. Videonya menyusul yah ;)

Comments